Selasa, 21 Mei 2019

CARA MEMBUAT DAN MENGANTI PASWORD SID RETAIL PRO


cara membuat dan menganti pasword SID RETAIL PRO

Setting Password Baru saat Login sangat membantu Anda dalam membuat keamanan user pada saat masuk ke program SID Retail Pro / Software Minimarket. Setting password baru juga berguna bagi Anda yang memiliki minimarket atau toko retail dengan sistem shift bagi kasir pada saat penjualan barang.
Password merupakan rahasia, jika ada orang lain yang mengetahui password tersebut, bisa jadi orang yang tidak berhak tersebut akan menghapus atau mencuri berkas-berkas yang ada. Jadi sebaiknya dalam selang waktu tertentu password sebaiknya diganti dan agar kerahasiaannya terjamin dalam penggunaan SID Retail Pro / Software Minimarket.

Pengertian Password?

Merupakan kumpulan karakter atau string yang digunakan oleh pengguna jaringan atau sebuah sistem operasi yang mendukung banyak pengguna (multiuser) untuk memverifikasi identitas dirinya kepada sistem keamanan yang dimiliki oleh jaringan atau sistem tersebut. Kata sandi juga dapat diartikan sebagai kata rahasia yang digunakan sebagai pengenal.
Fungsi password adalah melakukan authentikasi terhadap proses sistem yang berisi berbagai informasi. Karena begitu pentingnya informasi tersebut, banyak penyusup mencoba untuk mendapatkan password tersebut.

Tips Password agar Tidak Mudah Diretas

1. Jangan Menggunakan Password yang Sudah Umum
Sebaiknya kita tidak menggunakan password yang sangat mudah ditebak dan rentan diambil alih orang lain.  Contoh password yang tidak kuat: nama, tanggal lahir,nama daerah,123456789, dan masih banyak lainnya.
2. Menggunakan Simbol-simbol yang Unik dalam Password
Salah satu cara untuk membuat password atau sandi akun Anda lebih kuat adalah dengan menggunakan simbol-simbol. Contohnya:  |=(0_+)?  atau  !~(-_-“)~?  atau  *8(^_^)~!   dan masih banyak lagi. Gabungan simbol-simbol ini memang terlihat cukup sederhana, namun jauh lebih kuat dibandingkan dengan password yang sudah umum seperti di atas.
3. Menggunakan Angka dan Simbol
Cara lain untuk menciptakan password yang kuat dan mudah diingat adalah dengan menggabungkan angka dan simbol unik. Yang perlu kita ingat adalah menciptakan kombinasi angka dan simbol yang mudah diingat, misalnya membuat rumus perhitungan matematika.Contohnya:19+20=39 atau(10+10)x10=200 dan masih banyak lagi.
4. Menggunakan Kombinasi Huruf, Angka, dan Simbol dalam Password
Menurut saya ini adalah cara yang paling baik untuk membuat password yang lebih kuat. Biasanya password seperti ini tidak bisa ditembus oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab karena menggunakan variasi yang rumit.
Contohnya: *-B3r2$4Tu74N-* atau P4caRko3_"1m0oth"_s3k4li, meskipun agak terdengar aneh tetapi password seperti ini adalah yang paling aman dan hampir tidak mungkin bisa dipecahkan oleh seorang hacker. Walaupun karakter yang kita ciptakan terdiri dari kombinasi huruf, angka, dan simbol, akan lebih baik bila password yang diciptakan itu memiliki sebuah arti agar lebih mudah untuk mengingatnya.
5. Menggunakan Password yang Berbeda Untuk Setiap Akun
Ada gunanya juga bila Anda membuat password yang berbeda untuk setiap akun di internet. Misalnya untuk akun twitter menggunakan password seperti poin 2 di atas, maka akun twitter bisa menggunakan password seperti poin 3, dan lain-lain, tergantung kebutuhan dan keingingan Anda. Ini adalah upaya pencegahan ketika password salah satu akun di internet, misalnya Facebook diketahui si pencuri, akun Anda di tempat lain tidak bisa dibajak dengan password yang sama.

Berikut Cara Setting Password Baru saat Login pada SID Retail Pro / Software Minimarket:

klik Master > klik Password















Kemudian akan muncul gambar seperti dibawah ini, kolom "Password Lama"merupakan kolom untuk memasukkan password lama jika sebelumnya Anda sudah membuat password













Kemudian masukkan password baru dan masukkan kembali password baru pada kolom berikutnya untuk konfirmasi password
















Kemudian klik Ganti


















Kemudian klik Ok




















Kemudian klik Close untuk mengecek password saat login















Kemudian masukkan password > klik Login

Kemudian buka kembali program SID Retail Pro/Software Minimarket

Demikianlah cara membuat pasword baru dan menganti pasword lama pada sid retail pro,untuk lebih jelasnya silakan lihat video berikut ini :






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sistem Penjualan Barang

Sistem Penjualan Barang Di dalam usaha toko retail kita sering mendengar kata Sistem Penjualan Barang, apa yang dimaksut dengan Sistem Pe...